7/25/2013

Mengapa manusia diwajibkan puasa satu bulan

Mengapa puasa dibatasi subuh sampai Maghrib ? Karena akan membahayakan bila berpuasa lebih dari 16 jam. Produksi enzim oksidasi asam lemak dalam tubuh terbatas dan akan habis bila kita berpuasa 16 jam. Bila kita memaksakan diri terus berpuasa, maka kadar asam lemak bebas ( free fatty acids) dalam darah akan tinggi yang dapat menyebabkan otak kita menjadi pusing, membengkak dan lama-lama bisa koma. Oleh karena itu makan saur mendekati imsak, dan segeralah berbuka waktu masuk maghrib. Jadi kurang lebih kita berpuasa 13-14 jam.
Mengapa manusia diwajibkan puasa satu bulan ? Karena lebih dari 90% sel dalam tubuh kita mengalami peremajaan dalam periode 28 hari.
  • Sel kulit dan kulit kepala, sel-sel hati, dan sel-sel yang membentuk kalsium pada kalsium pada tulang mati dan diganti setiap hari .
  • Sel reseptor informasi dari saraf, pembentukan sel melanin di kulit, dan sel-sel yang terkait dengan haid wanita mempunyai siklus pergantian setiap satu bulan ( sekitar 28 hari).
  • Sel darah merah diganti setiap 4 bulan (120 hari).
  • Sel otak mempunyai siklus pergantian bertahun-tahun.
Bila sel-sel tubuh diproses sesuai fitrah, Insya Allah peremajaan berikutnya juga sesuai fitrah. Karena semua sel sudah berada pada kondisi yang prima, akan diproses secara prima (yang harus didukung oleh aktivitas tubuh dan pola makan). Jadi kita butuh puasa minimal 28 hari berturut-turut, agar seluruh bagian tubuh (kecuali sel darah merah).
Mengapa dilarang berhubungan seks ketika berpuasa ?
Karena hubungan suami istri mengurah energi.
  • Seks adalah aktivitas fisik seperti olah raga yang membutuhkan energi tinggi.
  • Karena bersentuhan terjadi saling pindah energi (hukum termodinamika) secara tak beraturan. 
  • Merupakan tingkat emosi tertinggi pada manusia yang menguras energi.
Kebutuhan pemulihan energi yang banyak setelah seks, akan mempercepat habisnya enzim oksidasi. Bila dipaksakan terus berpuasa, maka yang dikhawatirkan sebelum waktu berbuka tiba akan terjadi penumpukan asam lemak bebas yang bikin otak pusing. Tujuan fitrah jadi tidak tercapai.
Sumber : Ukhuwwah, edisi 54 1434H/2013 

Related Posts

Mengapa manusia diwajibkan puasa satu bulan
4/ 5
Oleh