6/06/2019

Kenali Penyebab Diare

Kenali Penyebab Diare - Foto Sumber Google
Sebenarnya Apa sih yang Anda rasakan ketika sedang diare ?
  1. Badan lemas ?
  2. Nafsu makan tidak menentu ?
  3. Malas beraktifitas karena perut yang sakit ?
  4. Sedih karena harus banyak istirahat ?
  5. Harus Banyak minum air putih ?
  6. Tidak boleh sembarangan makan apapaun ?
  7. Bepergian jadi tidak nyaman karena harus sering ke kamar mandi tiba-tiba?
Penyebab diare pada umumnya memiliki 5 masalah yaitu ;
  1. Virus dan Bakteri. Contoh virus yang dapat mengakibatkan diare adalah influenza perut. Virus ini melekan pada sel-sel mukosa usus. Sehingga terjadi penurunan kapasitas absorpsi, serta juga mengganggu proses sekresi air dan elektrolit. Diare yang disebabkan virus biasanya akan hilang dengan sendirinya bersamaan dengan hilangnya virus. Sedangkan diare yang disebabkan oleh bakteri biasanya buruknya kualiatas sanitasi masyarakat. Bakteri ini masuk melalui makanan berbakteri yang tidak sengaja terkonsumsi. Beberapa jenis bakteri penyebab diare antara lain bakteri Salmonella, Sigella, Campylobacter, dan jenis Coli tertentu. 
  2. Faktor Malabsorpsi dibagi menjadi dua yaitu malabsorpsi karbohidrat dan lemak. Malabsorpsi karbohidrat, pada bayi kepekaan terhadap lactoglobulis dalam susu formula dapat menyebabkan diare. Gejala berupa diare berat, tinja berbau sangat asam, dan sakit di daerah perut. Sedangkan malabsorpsi lemak, terjadi bila dalam makanan terdapat lemak yang disebut triglyserida, dengan bantuan kelenjar lipase, mengubah lemak menjadi micelles yang siap diabsorpsi usus. Jika tidak ada lipase dan terjadi kerusakan mukosa usus, diare dapat muncul karena lemak tidak terserap dengan baik.
  3. Parasit. Tidak semua parasit dapat menyebabkan diare. Beberapa jenis parasit yang dapat menyebabkan diare misalnya protozoa Entamoeba histolytica dan Giardia lambia, Cyptosporidium. Hal ini terjadi terutama di daerah-daerah tropis atau sub tropis. Ciri diare yang disebabkan parasit ini adalah nyeri perut, anorexia, muntah-muntah, dan rasa letih (malaise). 
  4. Makanan dan obat-obatan. Seperti yang banyak diketahui, jenis makanan tertentu dapat menyebabkan diare. Bagi orang-orang yang tidak tahan dengan pedas, makan makanan yang pedas dapat menyebabkan diare. Sedangkan diare karena obat, lebih diakibatkan karena efek samping dari pemakaian obat. Jadi bukan tujuannya untuk membuat diare. 
  5. Faktor Psikologis. Rasa takut, cemas, dan tegang, jika terjadi pada anak dapat menyebabkan diare kronis. Tetapi jarang terjadi pada anak balita, umunya terjadi pada anak yang lebih besar. 
 Demikianlah beberapa penyebab diare dalam tulisan ini, semoga bermanfaat. Simak Solusi Diare dengan Essenso Oil Bargamot disini. 

Related Posts

Kenali Penyebab Diare
4/ 5
Oleh