9/06/2016

Kenalilah Bisnis Online Sebelum Ikutan Bisnis Online

Kenalilah Bisnis Online Sebelum Ikutan Bisnis Online. Sebenarnya dari dulu saya ingin memperkenalkan bisnis online yang saya dapat dari internet serta apa yang telah sedikit saya pelajari dari ebook bisnis online itu sendiri namun karena materi informasi tentang bisnis online itu sendiri baru saya dapatkan hari ini, saya mencoba akan menuliskan di blog saya ini tentang mengenal bisnis online itu sendiri sebelum kita ikutan berkegiatan di bisnis online.  
Bisnis Online

Bisnis online merupakan segala jenis kegiatan bisnis yang dilakukan secara online (melalui internet). Setiap pelaku usaha yang sebagian aktivitasnya ataupun semua aktivitas bisnisnya dilakukan melalui internet, bisa dikatakan mereka menjalankan bisnis online. Pada era modern saat ini, berbisnis online sudah banyak dilakukan orang bahkan sebagian dari mereka menjadikan bisnis online sebagai bisnis utama mereka. Mengapa kini bisnis online menjadi pilihan ? Mari kita bandingkan antara Bisnis Konvensional (Offline) dengan Bisnis Online. Bisnis Konvensional memiliki kriteria sebagai berikut :

  1. Modal relatif besar, misalnya membuka toko, nilai sewa tempat/ ruko cukup tinggi
  2. Memerlukan pegawai 
  3. Jangkauan konsumen terbatas oleh jarak dan waktu
  4. Tidak bisa full time, ada jam buka
  5. Bergantung dengan cuaca
  6. Anda harus terlibat langsung
Sedangkan Bisnis Online memiliki kriteria yang dapat saya sampaikan dibawah ini ;


  1. Tidak memerlukan toko dalam bentuk fisik
  2. Bisa tanpa pegawai
  3. Jangkauan pemasaran luas 
  4. Bisa full time 24/7 penuh
  5. Bebas kendala cuaca
  6. Anda tidak harus bekerja full time, bisa dibuat otomatis. Butuh sedikit penanganan  manual.

Dengan adanya dua kriteria diatas dapat diambil kesimpulan bahwa bisnis online itu sendiri memiliki jenis yang berbeda yaitu ;
  1. Online to Online : Maksudnya bisnis online yang dijalankan secara online juga. Contohnya jualan domain dan hosting, jualan ebook, jualan jasa-jasa seperti web design, SEO service, dll.
  2. Online to Offline : Maksudnya bisnis online yang kemudian dijalankan secara offline. Contohnya: Seminar-seminar bisnis online, kursus web design, pelatihan SEO, dll.
  3. Offline to Online : Maksudnya bisnis online yang sebenarnya dijalankan secara offline tapi kemudian dipromosikan melalui media online. Contohnya toko-toko online yang menjual barang fisik. 
Sementara itu berdasarkan peran para pelakunya, bisnis online ada 3 pihak yang bergerak didalamnya yaitu :
  1. Owner : adalah pemilik produk atau jasa.
  2. Marketer : adalah para ahli pemasar produk yang tidak memiliki produk sendiri
  3. Publisher: adalah para pemilik web yang menyediakan ruang bagi promosi produk.
Syarat menjalankan bisnis online :
Mampu mengoperasikan PC/Laptop dengan baik. Karena semua keiatan dilakukan via online/internet maka kemampuan mengoperasikan PC/laptop mutlak diperlukan

Memiliki koneksi internet yang cepat. Kecepatan koneksi internet sangat berpengaruh dalam menjalankan bisnis online, jalan sampai aktivitas anda tertunda karena koneksi internet yang lemot. Bisa-bisa anda akan kesal dibuanya.

Memiliki email. Membuat email adalah hal yang mudah. Untuk berbisnis online, emal banyak sekali manfaatnya. Jadi biasakan diri anda berinteraksi menggunakan email. Email bisa bermanfaat untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengirim sales letter, mendaftarkan diri diberbagai website, dan lain sebagainya

Memiliki akun bank lokal. Sebaiknya anda punya lebih satu rekening bank lokal, ya setidaknya tiga bank. Karena ini akan memudahkan customer anda untuk transfer. Biasanya customer cenderung mencari akun bank yang sama. Baca juga artikel saya tentang My Story With BCA 

Memiliki akun bank sedunia
Paypal contohnya. Jika anda menargetkan pasar luar negeri maka punya akun paypal wajib hukumnya. Karena memudahkan anda bertransaksi. Silahkan baca juga artikel saya tentang Paypal dibawah ini ;
Demikianlah coretan blogger pemula yang dapat saya sampaikan tentang kenalilah bisnis online sebelum ikutan bisnis online. Saya berharap coretan blogger pemula ini dapat bermanfaat untuk saya sendiri dan pembaca blog saya ini. 

Related Posts

Kenalilah Bisnis Online Sebelum Ikutan Bisnis Online
4/ 5
Oleh