1/30/2014

tips menata ruang tidur agar nyaman

Kegiatan beristirahat atau tidur setelah seharian bekerja sangat dibutuhkan guna memulihkan tenaga untuk dipergunakan esok hari. Namun, penataan kamar tidur sering kali luput dari perhatian pemilik rumah. Kamar atau ruang tidur memang mesti ditata spesial. Rumawan mencontoh, misalnya meletakkan tempat tidur sesuai konsep atau hulu-hilir. "Konsep ini terkait dengan kosmologi mata angin. 

Menata Perabot
Cara apakah yang perlu dilakukan agar ruang tidur terasa lebih lapang dan nyaman? "Ketika kita mengetahui bahwa ruang tidur kecil dan tidak luas, maka yang pertama perlu dilakukan adalah memilih perabot yang proporsional dengan ruangan,".
Orang Asia sebetulnya sudah terbiasa hidup berkumpul, berkerabat, dan tinggal dalam lingkungan yang dekat. Sebetulnya, budaya Asia telah mengenal tradisi penggunaan perabot multifungsi. "Kita, misalnya, telah mengenal amben atau bale-bale yang dapat dipergunakan sebagai tempat tidur, dan bisa juga dipakai sebagai tempat duduk. Dalam perkembangannya, saat ini kita telah mengenal modifikasinya yaitu penggunaan sofa bed dalam berbagai bentuk dan variasi, dari yang sederhana hingga mewah,".
 sumber foto dari rumah-moderndotcom
Dengan memakai sofa bed, orang dapat meminggirkan atau melipatnya menjadi kursi maupun tempat duduk. Orang juga lebih leluasa melakukan aktivitas di sekitarnya sehingga ruang tidur akan terasa lebih luas dan lapang. Pemanfaatan ruang penyimpanan juga mesti praktis dan kreatif. "Kita dapat menghilangkan kesan kacau dan berantakan pada ruang tidur dengan cara membuat sistem penyimpanan barang yang praktis dan efektif. Karena itu, kesan lega dan lapangnya ruangan dapat terwujud. Hal ini bisa dilaksanakan dengan cara memanfaatkan setiap inci ruangan agar dapat termanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Dibandingkan dengan penggunaan lemari baju standar dan konvensional, orang dapat memanfaatkan penggunaan lemari built in atau sistem lemari modular yang praktis. "Besaran modul masing-masing kebutuhan barang yang akan disimpan seperti kemeja, dasi, pakaian dalam, dan gantungan baju diatur dalam ukuran yang tepat. Maupun melalui penggunaan gantungan dan ambalan yang fleksibel dan bisa diatur sesuai kebutuhan,".

Ruang Sisa
Penggunaan ruangan dan penyimpanan yang hampir mendekati langit-langit atau plafon, saran Wisnu, tetap harus dilakukan guna mendapatkan pemanfaatan yang maksimal, meskipun misalnya orang mesti menggunakan bangku atau tangga untuk menjangkaunya.
Sebaiknya letakkan tempat tidur agak ke pinggir dengan menyisakan sedikit jarak -- untuk meja nakas berikut lampu tidurnya -- atau bahkan menempel ke dinding. Jangan justru meletakkannya di tengah. "Dengan posisi semacam ini, ruangan akan terasa lebih lapang karena daerah yang terbuka atau bebas dari furnitur akan lebih besar dibandingkan meletakkan ranjang di tengah,".
Sumber; Bali Post, 17 Nopember 2009

Related Posts

tips menata ruang tidur agar nyaman
4/ 5
Oleh