7/16/2013

Netralisir Asam lambung dengan jeruk nipis saat puasa Ramadhan

sumber; perawatankesehatanwajahdotblogsoptdotcom
Tetap fit selama berpuasa cukup dengan menjaga pola makan. Anda perlu memerhatikan bagaimana pola makan yang cocok saat sahur dan berbuka puasa. Saat berbuka, Anda bisa mencari minuman bersifat basa dengan minum air jeruk nipis atau lemon.
Pola makan yang sehat selama berpuasa akan membantu tetap bisa beraktivitas sepanjang hari tanpa perlu khawatir akan kelelahan dengan mengatur  Pola makan yang sehat  ketika saat santap sahur.
"Untuk sahur karena kita seharian tidak makan dan minum maka sebaiknya dikonsumsi makanan berserat tinggi dan berbagai macam sumber protein baik nabati hewani," kata Ahli Gizi Irene Primyanti. Berikut tips makan sehat saat sahur dan buka puasa seperti ditayangkan Liputan6 Siang, pada hari Senin (15/7/2013):
Makanan Sahur:
sumber protein : makanan yang berbahan dasar dari ikan, ayam, telur dan daging
sumber makanan berserat tinggi berasal dari sayur mayur dan buah-buahan. Adapun fungsinya ialah menahan rasa lapar selama berpuasa. Kedua jenis makanan ini relatif mudah dicerna tubuh.

Makanan Berbuka Puasa
sumber makanan yang bersifat basa bisa berasal dari air jeruk nipis atau lemon.
sumber makanan manis : kolak, kurma, dan buah pisang

Cairan bersifat basa penting untuk menetralisir asam lambung yang banyak terbentuk selama berpuasa. Sedangkan makan manis lebih mudah dicerna tubuh dan sebagai sumber energi. Setelah itu baru bisa mengkonsumsi makanan lain, seperti karbohidrat maupun protein.
Sumber ; liputan6. (Dwi Firmansyah)

Related Posts

Netralisir Asam lambung dengan jeruk nipis saat puasa Ramadhan
4/ 5
Oleh