12/26/2011

Hindari Angina Untuk Hidup Sehat

Untuk menghindari penyakit angin duduk atau angina, bisa kita lakukan dengan menerapkan gaya hidup sehat dengan memperhatikan angka sehat tubuh. Hal ini sangat penting untuk tubuh kita, misalnya dengan menjaga ; 
  1. Tekanan Darah. Tekanan darah dapat menyebabkan serangan angina pectoris karena tekanan darah yang tinggi dapat membuat keperluan tubuh terhadap oksigen meningkat. Untuk mencegah darah tinggi bagi yang masih memiliki tekanan darah normal ataupun mengatasi darah tinggi bagi yang sudah memiliki tekanan darah tinggi, maka saran praktis berikut ini dapat dilakukan : kurangi konsumsi garam dalam makanan; konsumsi makanan yang mengandung kalium, magnesium dan kalsium; kurangi minum minuman atau makanan berakhohol; olahraga secara teratur bisa menurunkan tekanan darah tinggi. Jika menderita tekanan darah tinggi. pilihlah olahraga yang ringan seperti jalan kaki, bersepeda, lari santai, berenang. Lakukan selama 30 hingga 45 menit sehari sebanyak 3 kali seminggu; makan sayur dan buah yang berserat tinggi seperti sayuran hijau, pisang, tomat, wortel, melon, dan jeruk; jalankan terapi anti stress agar mengurangi stres dan untuk mengendalikan emosi; berhenti merokok juga berperan besar mengurangi tekanan darah tinggi atau hipertensi; kendalikan kadar kolesterol; kendalikan diabetes; serta hindari obat yang bisa meningkatkan tekanan darah. Konsultasikan ke dokter jika menerima pengobatan untuk penyakit tertentu, untuk meminta obat yang tidak meningkatkan tekanan darah. 
  2. Kadar Gula. Seperti diketahui, tingkat kadar gula yang tinggi akan menghambat proses masuknya oksigen ke jantung, Untuk itu, ,menghindari atau mengendalikan kadar gula yang tinggi adalah cara terbaik. Berikut caranya. Menurunkan berat badan ; hindari makanan berlemak, diawetkan atau goreng-gorengan ; sebaliknya, pilihlah makanan berserat tinggi dan glukosa kompleks; kurangi makanan manis atau berkalori tinggi yang mengandung banyak glukosa; minum banyak air putih; berolahraga teratur; hindari stres; hindari alkohol atau softdrink; hindari merokok; minum obat yang dianjurkan dokter untuk menurunkan kadar gula, bagi penderita diabetes tipe 1, pemberian insulin secara teratur perlu diberikan melalui terapi insulin. 
  3. Kolesterol. Tingkat kolesterol harus dipantau karena penyumbat yang umum ditemukan pada pembuluh darah adalah lemak atau plak kolesterol. Berikut ini beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengendalikan kolesterol : 
  • Diet. Konsumsi makanan yang rendah lemak dan kolesterol. Misalnya dengan mengkonsumsi susu tanpa lemak dan mengurangi konsumsi daging. Pilihlah makanan dengan kandungan lemak tak jenuh daripada kandungan lemak jenuh. Minyak yang digunakan untuk menggoreng secara berulang-ulang dapat meningkatkan kadar kolesterol, maka ada baiknya mengurangi konsumsi makanan yang digoreng.
  • Konsumsi makanan berserat. Lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti gandum, kacang-kacangan, sayur-sayuran dan buah-buahan. Jenis makanan ini dapat menyerap kolesterol yang ada dalam darah dan mengeluarkannya dari tubuh.
  • konsumsi Antioksidan. Antioksidan banyak terdapat dalam buah-buahan seperti jeruk, strawbery, pepaya, wortel, atau labu. Mengkonsumsi bawang putih secara teratur juga dapat menurunkan kadar kolesterol. 
  • Hindari Alkohol dan merokok. Dengan merokok atau mengkonsumsi alkohol, kolesterol akan mudah menumpuk dalam aliran darah. 
  • Olahraga. Berolahraga secara teratur sesuai dengan umur dan kemampuan. Jaga agar berat tubuh tetap ideal. 
Melakukan pemeriksaan darah yang sederhana sering kali mengindikasikan bahaya yang menanti lama sebelum seseorang mengalami gejala yang terlihat seperti angina. Maka, penting untuk memeriksakan tingkat kolesterol darah, kadar gula darah, dan juga tekanan darah. Menjaga agar hal tersebut dalam batas yang normal menjadi hal yang penting untuk menghindari angina.
Sumber; Balipost, Jumat,16 Desember 2011     

Related Posts

Hindari Angina Untuk Hidup Sehat
4/ 5
Oleh

7 comments

27 Desember 2011 pukul 13.16 delete

uraian angina yang sangat menarik kawan dan membantu pemahaman sebahagian orang yang menganggap angina disebabkan oleh hal-hal ghoib :-)
BlogS of Hariyanto

Reply
avatar
27 Desember 2011 pukul 17.06 delete

Bang Har, Walaupun saya menulis tenyang angina saya masih tetap belum tahu persis penyakit tersebut apa ? Hanya Definisinnya saja yang saya ketemukan di mesin pencari internet. Trims ya bang sudah mampir :)

Reply
avatar
13 Januari 2012 pukul 00.57 delete

sudah berbagi informasi itu sudah luarbiasa sobat...sampaikanlah kebaikan meskipun hanya satu ayat...salam :)

Reply
avatar
20 Januari 2012 pukul 17.54 delete

Baik,bang har. Ini merupakan motivasi bagi saya nantinya berbloging. terima kasih untuk sarannya.

Reply
avatar
26 Januari 2012 pukul 13.12 delete

baru tahu angin duduk ni sob,makasih infonya

Reply
avatar
27 Januari 2012 pukul 17.19 delete

@ Bang Haruyanto; Apa kabar bang ? sehat ..?
@ sobat andi pandora; terima kasih sobat telah singgah di tulisan kecil ini.

Reply
avatar