2/16/2017

8 Hal Cerdas dapat dilakukan nama domain Anda

8 Hal Cerdas Dapat Dilakukan Oleh Nama Domain
Kebanyakan orang berasumsi kalau nama domain pribadi adalah NamaAnda.com namun kenyataan, nama domain pribadi tidak harus seperti ini. Anda dapat memiliki nama domain pribadi berupa singkatan nama anda (contoh; sspt.com) atau bahkan nama samaran anda. Pada intinya bukan terletak pada penamaan melainkan tujuan website anda. Selama website anda digunakan untuk tujuan pribadi (bukan mencari keuntungan/ profit ), maka domain anda masih dapat dikategorikan sebagai nama domain pribadi. 
Domain bisa anda peroleh dengan sangat mudah. Karena kemudahannya itu bisa saja pada saat ini Anda telah mendaftarkan domain pribadi namun tidak jelas peruntukannya. Untuk membuat website atau sekedar membuat email pribadi saja ?. Apapun yang anda inginkan nama domain pribadi yang telah anda sewa (termasuk hostingnya) harus dimanfaatkan sebaik-baiknya. Berikut ini ada beberapa 8 Hal Cerdas Yang Dapat dilakukan nama domain Anda ;

  1. Link Share Drop Box. Bila Anda sering menggunakan dropbox namun kurang pas dihati rasanya dengan public link yang disediakan secara default. Kabar baiknya untuk anda ialah domain anda bisa digunakan untuk mengganti public link (contoh; http://dl.dropbox.com/u/Kode Akun Anda/File Saya.zip) menjadi (http://domainanda.com/filesaya.zip) Anda hanya perlu menggunakan tool bernama dropbox untuk mengaktifkannya. Melalui cara ini tentu file Anda akan jauh lebih mudah diakses sekaligus diingat.
  2. Alamat email custom. Anda dapat merealisasikannya dengan nama domain pribadi milik anda. Nama domain dapat dimanfaatkan sebagai alamat pribadi. Fitur ini biasanya sudah tersedia dalam paket hosting yang anda gunakan sehingga anda hanya tinggal mengaktifkannya saja. Selain itu Anda dapat menggunakan layanan pihak ketiga untuk urusan surat-menyurat ini, misalnya zohomail.com
  3. Halaman Pribadi Anda. Walaupun sudah memiliki beragam akun media sosial untuk mewakili Anda di dunia maya, sebaiknya jangan melupakan website atau landing page pribadi. Disini Anda dapat mengunggah segala informasi, baik berbentuk teks, gambar, suara, hingga video yang berhubungan dengan Anda; kesemua hal ini berada dalam satu lokasi. Cara mewujudkannya pun tidak sulit. Jika Anda tidak memiliki pengetahuan pemrograman website, anda dapat mulai menggunakan layanan pembuatan website gratis Weebly.
  4. Alamat Profil Facebook. Jangan khawatir apabila Anda sudah terlanjur membeli domain website padahal website Anda belum siap. Anda dapat mengarahkannya ke akun Facebook Anda terlebih dahulu. cara ini terbilang mudah dan biasanya tertera di halaman bantuan web hosting Anda dengan nama "domain forwading", domain redirect atau url redirect. 
  5. Membuat Custom Domain Untuk Home Network. Domain juga dapat digunakan untuk menamai Home Network sehingga Anda dapat mengakses komputer Anda dari mana saja. Mengingat sebagian besar pengguna memiliki dynamic IP address, pertama-tama mungkin anda mungkin membutuhkan layanan dynamic IP seperti NoIP atau DynDNS untuk melihat log perubahannya dan menemukan alamat yang tetap. Cara ini mungkin akan sedikit memakan biaya (sekitar $30 setahun) namun dapat menjadi cara tepat untuk memanfaatkan domain pribadi anda.
  6. Website Penyingkat Alamat Url. Bila Anda memiliki domain bernama singkat dan cantik, anda dapat menggunakannya untuk menyingkat alamat url secara gratis. Anda bahkan tidak perlu membuat sendiri aplikasinya, cukup memasang YOURLS pada domain Anda. Aplikasi ini juga sudah memiliki API dan plug in Wordpress sendiri. Namun jika anda ingin menggunakan layanan yang lebih populer, blit.ly bisa anda jadikan pilihan alternatifnya. 
  7. Layanan File Sharing. Era kejayaan Megaupload dan Rapidshare sebagai website untuk file sharing memang telah berakhir. Meskipun seperti itu, tempat untuk menyimpan file secara online masih tetap dibutuhkan. Anda dapat memanfaatkan domain serta hosting website untuk hal ini dengan mudah. Unggah file tersebut ke dalam server FTP hosting merupakan cara yang perlu anda tempuh. Apabila dirasa kurang, anda juga dapat memasang aplikasi tambahan seperti DockDrop (Mac) maupun NoCap (Windows).
  8. Google Apps. Apabila Anda menginginkan nama domain website untuk email pribadi, anda dapat mencoba layanan bernama Google Apps. Layanan ini sebenarnya tidak berbeda dengan akun Google gratisan. Anda tetap bisa mengakses seluruh produk Google seperti Google+, Hangouts, Docs, Calendar, hingga YouTube. Hanya saja, ini menggunakan nama domain anda sendiri menjadi username@domainanda.com (bukan username@gmail.com). Mampir disini Info Google Apps Dan Email Untuk Sekolah Dan Lembaga Pendidikan Di Niagahoster
Demikianlah sekelumit tentang8 hal cerdas dapat dilakukan nama domain anda. semoga bermanfaat selalu.  
(sumber artikel; Niagahosterdotcodotid)

Related Posts

8 Hal Cerdas dapat dilakukan nama domain Anda
4/ 5
Oleh