3/01/2014

Masyarakat Ekonomi Asean 2015 atau AEC 2015

 AEC 2015
Akhir-akhir ini kita sering mendengar istilah AEC 2015 atau Masyarakat Ekonomi Asean 2015 apa an sih itu? Saya sendiri belum paham akan hal ini. Saya menerima berita ini dari milis lanjardotcom ( baca; portal penyedia produk afiliasi lokal buatan Indonesia)Nah, sebagai bahan bacaan kita bersama mari kita bersama-sama menyimak informasi ini.  ASEAN Economic Community 2015 adalah Kesepakatan yang sudah sejak lama dicanangkan, dan akan segera datang dan mau tak mau masyarakat Indonesia khususnya dan seluruh masyarakat di negara ASEAN akan masuk fase tersebut. Setelah semua elemen telah siap, maka kran ekonomi di seluruh negara akan dibuka lebar-lebar. Ketika AEC telah dibuka maka akan terbuka pasar global sesama negara ASEAN.Dengan kata lain barang yang di poduksi negara lain akan bebas masuk ke Indonesia tanpa pajak bea masuk. Begitu juga sebaliknya, barang buatan Indonesia bisa dijual di negara lain tanpa pajak bea masuk. Tak hanya itu, sumber daya manusia juga dengan mudah akan bertukar. Penduduk negara yang tergabung di ASEAN dapat bekerja di negara lain dengan mudah.
AEC 2015 akan membuka pintu pasar global ke seluruh negara. Berbagai negara harus siap menghadapi karena produk luar negeri akan dengan mudah ditemui di pasaran. Jika barang-barang yang diproduksi di Indonesia, kalah saing dengan negara lain jangan heran jika akan terjadi kekalahan jumlah penjualannnya. kalau kita kalah bersaing yang itu artinya dalam skala ekonomi makro maka akan terjadi jumlah import akan lebih besar di bandingkan export dan inilah yang di sebut defisit neraca perdangan. Kalau defisit neraca perdangan maka ini akan berakibat pada suku bunga bank yang tinggi, selanjutnya akan memacu inflasi yg tinggi dan pada akhirnya akan menaikkan harga2 barang kebutuhan sehari2 dan hidup menjadi semakin berat. Bunga yang tinggi akan mengakibatkan kesulitan sebagain besar masyarakat pasangan muda untuk membeli rumah RSS juga pengusaha enggan untuk memakai modal dari Bank karena bunganya terlalu tinggi dan dampak ekonmi lainnya yang cukup berat bila kita sampai kalah dalam persaiangan dalam era AEC 2015
Langkah tepat yang bisa dilakukan adalah dengan mempersiapkan diri menghadapi AEC 2015. Pesiapan apa yang bisa kita lakukan dalam konteks bisnis online dengan Fasilitas afiliasi produk dalam negeri dengan kata lain mencintai, menggunakan produk dalam negeri sendiri.

Related Posts

Masyarakat Ekonomi Asean 2015 atau AEC 2015
4/ 5
Oleh