1/12/2014

Tips hindari hacking akun blogspot


Apakah akun Blogspot Anda mudah di-hack dan diganti tampilan mukanya ? Jika Anda tidak berhati-hati, hal tersebut tentunya bisa saja terjadi. Namun sampai saat ini belum ada laporan yang menunjukkan adanya lubang keamanan didalam Blogspot. Namun jika Anda tidak berhati-hati, banyak cara lain yang memungkinkan hal tersebut mengenai akun Blogspot milik Anda. Untuk itu hati-hatilah terhadap ketiga hal dibawah ini ;
1. Jangan pernah tertipu untuk membagikan atau memasukkan username dan password, selain melalui alamat Blogger.com, Google.com, Youtube.com, dan situs-situs lain yang dikelola oleh Google. Lihatlah kotak alamat di dalam browser web pada saat Anda memasukkan username dan password. Kejadian dinamakan phising ini sering menimpa para
pengguna Yahoo! Messenger yang diminta untuk memasukkan username dan password dengan berbagai alasan, antara lain : validasi akun Yahoo!, akun Yahoo! kadaluarsa, bergabung ke dalam suatu komunitas, dan masih banyak lagi. Padahal semua bohong belaka. Peringatan ; Apabila hal ini terjadi pada Anda, maka bukan hanya akun Google saja yang diambil alih, Blog juga bisa diganti atau bahkan dihapus.
2. Jika Anda mengaktifkan pengiriman artikel melaui email, pastikan tidak ada yang tahu secret words yang Anda pilih untuk fitur tersebut. Peringatan ; Apabila sampai ada orang lain yang mengetahuinya, maka akan muncul artikel-artikel dari pihak lain yang masuk ke dalam Blog Anda melalui fitur pengiriman artikel melalui email.
3. Jika nantinya fasilitas MMS diaktifkan, pastikan alamat email yang Anda gunakan untuk mengirim artikel tidak ada yang mengetahui. Dengan menggunakan phising email atau email dengan alamat palsu, seseorang dapat menulis artikel ke dalam Blog Anda melalui fitur MMS tersebut. Peringatan ; Apabila sampai ada orang lain yang tahu, maka akan muncul artikel-artikel pihak lain yang masuk ke dalam Blog Anda melalui fitur pengiriman artikel melalui MMS.

Dengan mewaspadai ketiga hal di atas, peluang sebuah Blog untuk disusupi oleh orang lain akan sangat kecil. 

Sumber ; Step by step Blogspot, Ridwan Sanjaya, Halaman 211 sampai dengan 213, Elex Media Komputindo 2009.

  

Related Posts

Tips hindari hacking akun blogspot
4/ 5
Oleh