10/15/2011

Manfaat Pertanian Organik Bagian Pertama

  1. Sarana melatih kesabaran dan kesadaran diri. Kunci keberhasilan dalam pertanian organik adalah kesabaran diri dan keyakinan diri. Karena pada dasarnya cara bertani organik merupakan suatu proses, bukan suatu yang instan sehingga memerlukan kesabaran dan kesadaran diri. 
  2. Memulihkan dn menyuburkan tanah. Dengan melakukan pertanian organik berarti kita telah mencoba memulihkan kondisi dan menyuburkan tanah yang semula tidak subur.Pasalnya, pertanian makanan organik berarti penggunaan pupuk alami, seperti kompos dan pupuk kandang. 
  3. Membantu kelestarian dan keanekaragaman hayati. Kegiatan bertani organik dapat membantu melestarikan keanekaragaman hayati yang ada di lingkungan melalui kegiatan penangkaran bibit lokal, pemupukan alami, dan menganekaragamkan tanaman pada lahan. 
  4. Ramah lingkunga. Melalui pertanian organik, petani dapat berusaha tidak merusak dan mengganggu keberlanjutan komponen lingkungan yang terdiri atas tanah, air, udara,tanaman, binatang, dan manusia. 
  5. Produk lebih sehat, segar dan aman. Produk makanan organik jauh lebih menyehatkan karena tidak ada racun yang menempel, sehingga vitamin dan mineral dapat optimal diserap tubuh. Tampilan produknya juga lebih segar dan tahan lama. Disamping itu, produk organik sangat aman dimakan langsung dan terasa lebih manis karena tidak menggunakan unsur kimia dalam pengembangannya.
  6. Murah dan ekonomis. Keuntungan ekonomis bagi produsen organik karena menggunakan pengolahan lahan minimal,bibit lokal dan pupuk alami.
BP, Senin, 4 Oktober 2011

Related Posts

Manfaat Pertanian Organik Bagian Pertama
4/ 5
Oleh