5/14/2010

7 Tips Membuat Email Gmail Anda Terproteksi Dengan Aman



Pada kesempatan kali ini Saya akan mengutip nasehat Bapak Joko Susilo ( Seorang TOP Internet Marketer nomer wahid di Indonesia ) berjudul 7 Tips membuat email gmail Anda terproteksi dengan Aman. Adapun ketujuh tips tersebut ialah sebagai berikut :

1.Hindari mencentang Stay Sign in.
Terutama di computer yang digunakan banyak orang. Kalau Anda memberi centang, maka username dan password Anda akan disimpan pada cookies di computer. Bahanya, spyware bisa ikutan membaca informasi yang disimpan ini.


2.Gunakan https.
Aktifkan https untuk membuat data Anda lebih Aman. Sebab data yang dikirim akan dienkripsi terlebih dahulu. Cara mengaktifkannya dengan mengklik “setting” lalu pada pilihan “Browser Connection” pilih “Always use https”. Kalau sudah, jangan lupa klik “save changes”.


3. Periksa “Last Account Acctivity” pada bagian bawah.
Periksa “details” jika ingin mengetahui detailnya. Maka Akan terbuka kotak baru yang menampilkan detail alamat IP lokasi Anda membuka alamat gmail Anda. Jika ada nomer IP yang dirasakan aneh ada kemungkinan orang lain menyusup kea kun gmail Anda segera ganti password email Anda!.

4. Ubah Password Anda secara berkala.
Buatlah kombinasi password yang tidak mudah ditebak orang. Gunakan symbol seperti ! “ ? $ % ^ & * ( ) _ - + = { [ ] } ; ; @ ‘ # / < > dalam password.

5. Update informasi recovery akun gmail.
Caranya klik disini. kemudian pada email Anda bisa tambahkan email lain untuk menerima link setting ulang password. Link tersebut akan dikirimkan jika Anda lupa Password. Bila diperlukan tambahkan juga nomer telepon Anda.

6. Lot out jangan lupa.
Setelah selesai menggunakan email, kemudian jangan lupa lakukan log out. Sekalipun Anda menggunakan computer pribadi, lebih baik jika Anda biasakan memencet tombol log out setiap selesai gmail. Buat jaga-jaga.

7. Bersihkan juga data di browser.
Untuk pengamanan ekstra, bersihkan juga cache, cookies, dan history pada browser Anda sehabis menggunakan gmail biar lebih Aman.

Mudah, bukan ?

Baiklah cukup sekian dulu kutipan 7 tips menjaga email gmail Anda agar aman dari tangan-tangan jahil. Semoga bermanfaat bagi Saya khususnya dan Anda pada umumnya.

Salam,
Robbie Ismail

Related Posts

7 Tips Membuat Email Gmail Anda Terproteksi Dengan Aman
4/ 5
Oleh

3 comments

24 Mei 2010 pukul 12.40 delete

Tips yg bagus.. tp q pengguna yahoo untuk masalah email ^_^

Reply
avatar
27 Mei 2010 pukul 11.11 delete

sip bro ni dia cara yg perlu dilakukan kalo mau Account Gmail nya aman....

Reply
avatar
17 Agustus 2010 pukul 17.46 delete

@ Karls and Ivan Axel : trima kasih atas komentnyah maap baru balas.

Reply
avatar