6/16/2010

Etika Blogging

Blog memanglah dunia bebas dan tanpa batas untuk menyampaikan ide, gagasan, pendapat, opini dan masih banyak lagi yang lainnya. Blog adalah sebuah media kebebasan yang diakui oleh banyak orang, namun dilain pihak blog juga dikutuk oleh sebagian orang. Menurut Rebecca Blood, The Weblog's greatest strength - its uncensored, unmediated, uncontrolled voice - is also its greatest weakness. kekuatan utama blog yang bisa mengungkapkan apapun sebebas - bebasnya, sekaligus merupakan titik terlemahnya. Maka dari tiu pengarang buku "The Weblog Handbook ; Practical Advice On Creating and Maintain Your Blog" itu mengusulkan etika blog. Apa yang ditulis Blood bukan kode etik namun sebuah etika yang disepakati oleh anggotanya secara tertulis dengan kekuatan internal untuk memberikan sanksi bagi yang melanggar. Ini hanyalah etika blog, sebuah tindakan positif yang dipraktikkan banyak pemblog di Amerika Serikat. Namun banyak juga para pemblog Indonesia yang menerapkan etika - etika tersebut. Adapun etika-etika blog tersebut adalah sebagai berikut :
  1. Tulislah Fakta
  2. Hargai Sumber Tulisan.
  3. Koreksi Tulisan.
  4. Tidak Menghapus Tulisan.
  5. Tidak mengganti Alamat postingan.
  6. Keterbukaan Terhadap Konfik Kepentingan.
  7. Tidak menghapus komentar.
  8. tahu Batas Pribadi dan Publik.
  9. Tidak Copy Paste.
  10. Tidak Memicu kerusakan.
  11. Menampilkan Identitas.
Contoh diatas adalah beberapa etika berbloging, Anda juga dapat memiliki pendapat tersendiri mengenai etika berbloging ini.

Semoga kutipan kecil ini dapat menjadi inspirasi, bahan renungan dalam bertata krama berbloging bagi kita semua. Tulisan kecil ini Saya kutip dari sebuah buku berjudul ; Membuat Blog Untuk Orang Awam; Rulianto Kurniawan; Maxicom; tahun 2009.

Salam Jabat Erat,
Robbie Ismail

Related Posts

Etika Blogging
4/ 5
Oleh

2 comments

20 Juli 2010 pukul 07.07 delete

salam kenal sobat sedikit berbagi, saya agak ragu dengan point 7, kenapa karena terkadang blog saya di singgahi komentar spam! nah menurut pendapat sobat bagaimana ttg komentar spam! he he he mohon sheringnya sobat, feed back balik yap!! peace..

Reply
avatar
17 Agustus 2010 pukul 17.44 delete

Piss Blogger: Menurut Saya pribadi Komentar Spam memang sangat amat menjengkelkan dan tidak berperikeblogeran disatu sisi yg menjadi prinsip kita (sbg blogger haruslah mengikuti role yg ada sesuai dengan etika blogging) jd ndk asal2an koment, dan haruslah sopan tentunyah.

Reply
avatar