8/10/2012

Tips memilih jas hujan

Coretan blogger pada blog saya kali ini saya dapatkan artikel tentang gimana cara memilih jas hujan. Kedengarannya,sih memang klise namun coba saja sobat pikirkan lagi baru sebulan beli jas hujan eh ndak tahunya besoknya robek atau ada rombeng-rombeng dikitlah. Nah, dengan adanya kutipan artikel ini yang saya dapat surat kabar Balipost, 2011 layak untuk digunakan bahan acuan atau tips membeli jas hujan. Silahkan sobat membacanya.
  1. Gunakanlah jas hujan yang memiliki ukuran yang pas dengan ukuran tubuh.
  2. Pilihlah jas hujan yang berbahan karet polyvinyl chloride (PVC), karena bahan ini sudah teruji ketahanannya. Jas hujan yang menggunakan bahan dari PVC lebih tebal dan lebih kedap air daripada yang berbahan plastik biasa dan parasut sehingga air tidak merembes. Pilihan itu tentu sangat beralasan karena kita menggunakan jas hujan agar badan tetap kering dan terlindungi dari guyuran air hujan.
  3. Ketika memilih jas hujan periksalah kondisi resletingnya. Pilihlah resleting yang rapat agar air tidak mudah masuk dari celah-celahnya, atau lebih baik lagi memilih jas hujan yang tanpa resleting. 
  4. Sebisa mungkin memilih jas hujan yang tanpa jahitan (biasanya jas hujan yang terbuat dari PVC), seandainya terpaksa harus yang model jahitan maka periksa dari setiap jahitannya, upayakan harus rapat dan kuat untuk menghindari rembes dan robek akibat tiupan angin.
  5. Lebih baik jika kita memilih model two-piece (atasan dan bawahan). Hidari model-model yang besar (Batman) selain risih atau tidak leluasa, dan cukup membahayakan kita bila berkendara terutama saat kendaraaan melaju kencang. Jas hujan model ini juga akan mengganggu pengendara lain yang berada di belakang atau di samping kita, karena kibasannya yang dapat membatasi pandangan pengendara tersebut.
  6. Sesuaikan dengan warna kendaraan kita. Karena jas hujan juga bisa membuat tampilan lebih menarik (fashionabel). Atau juga pilih jas hujan dengan warna yang terang.
Sejatinya jas hujan tak hanya berfungsi melindungi badan dari guyuran air hujan, juga berfungsi sebagai penunjang keamanan berkendara baik bagi diri sendiri maupun orang lain. Pada saat air hujan mengguyur deras, pandangan pengguna kendaraan baik motor maupun mobil juga terbatas karena terhalang air hujan. Karena itu bila jas hujan yang kita gunakan berwarna terang--lebih baik lagi bila mencolok dengan bagian tertentu memancarkan cahaya seperti rompi polisi--akan terlihat jelas oleh pengguna jalan lain. Dalam memilih jas hujan, sesuaikan juga dengan kondisi keuangan kita, akan tetapi lebih baik mahal sedikit tapi awet, tidak rembes dan tahan lama daripada murah tapi hanya sekali pakai dan bocor.

Related Posts

Tips memilih jas hujan
4/ 5
Oleh