11/08/2011

Tips Cara Merawat Sepatu

Sepatu memang sudah tidak asing lagi kita karena ini merupakan barang utama yang harus kita miliki disaat kita telah menghadapi jenjang sekolah, atau bekerja bahkan wakuncar (baca : waktu kunjung pacar) sering kali kita menghiasai kaki kita dengan sepatu terbaik pilihan kita sendiri. Untuk menjaga sepatu kita agar terlihat seperti baru sering kali kita mencucinya bahkan menyemirnya bahkan jarang dipakai bila tidak diperlukan (kalau ada perlu baru dipakai .:) ) Berikut beberapa trik dan tips sederhana agar sepatu anda terawat dengan baik dan juga tahan lama.
Shoe Tree ; Setelah dipakai dan disimpan bergantian dalam waktu yang panjang, umumnya bentuk sepatu akan mengalami perubahan . Gunakan alat penyangga bentuk sepatu (shoe tree) untuk mempertahankan bentuk sepatu. Jika biasanya anda menyumpalnya dengan koran atau kertas sebagai shoe tree, sebaiknya hentikan ini mulai sekarang.
Memakainya Bergantian ; Jangan memakai sepatu yang sama setiap hari walaupun anda sangat menyukainya. Keringat dan kotoran dari kaki yang bersinggungan dengan sepatu akan mempercepat kerusakan sepatu. Selingi pemakaian dengan sepatu lainnya sebelum anda memakainya kembali. 
Keringkan Dengan Kipas Angin ; Jika sepatu anda basah, lepaskan talinya (untuk sepatu bertali), keluarkan lidahnya, dan letakkan didepan kipas angin. Jika sol dalam memegang bisa dicopot, keluarkan juga. Jika sudah hampir kering ambil shoe tree, pasangkan pada sepatu anda lalu biarkan kering dengan sendirinya.
Mengelem Sendiri ; Jika rekatan sepatu pada sepatu sudah hampir lepas, cobalah untuk mengelemnya sendiri dengan lem sepatu atau semacam lem super glue. Bersihkan dulu bekas lem lama dengan mengamplasnya, lalu aplikasikan lem sepatu ke bagian yang lepas dan rekatkan kembali. Tekan kuat-kuat bagian yang masih basah sampai kering. 
Mudahkan? Anda pun tidak perlu selalu membeli sepatu. Perawatan yang baik membuat koleksi anda akan bertambah. Andapun dapat menyimpannya kembali bila anda menganggap koleksi sepatu anda sudah outmoded. Jangan terburu-buru dibuang, karena tren selalu berputar.
BP, Senin, 30 Oktober 2011     

Related Posts

Tips Cara Merawat Sepatu
4/ 5
Oleh