7/17/2011

Manfaat Daun salam Dan Buahnya Untuk Kesehatan


Pohon salam yang disebut dengan Syzygium polyanthum biasanya tumbuh liar di pinggir-pinggir rumah, di hutan dan di pegunungan bisa mencapai ketinggian kira-kira 25-30 meter. Daunnya berkahiat mengobati diare, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi, kencing manis dan mag. Sementara buahnya yang berbentuk bulat kecil  berwarna merah bisa digunakan untuk mengobati mabuk akibat alkohol. Menurut Prof.Hembing Wijaya Kusuma dalam bukunya "Tumbuhan berkhasiat Obat : Rempah, Rimpang, dan Umbi", pohon salam memiliki berbagai khasiat obat yang dapat dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari. Daun salam bisa dimanfatkan untuk mengatasi asam urat, stroke, kolesterol tinggi, melancarkan peredaran darah, radang lambung, diare, gatal-gtal, kencing manis dan lain-lain. Kandunga kimia yang dikandung tumbuhan ini adalah minyak atsiri, tannim, dan flavonoida. Bagian pohon yang bisa dimanfaatkan sebagai obat adalah daun, kulit batang, akar, dan buah. Sebagai alternatif obat tradional sebagian masyarakat telah merasakan sendiri manfaat daun salam, ketika aasam urat naik sampai 9,2 daun salam tersebut harus direbus setelah itu didiamkan agar dingin kemudian rebusan air daun salam diminum secara teratur sehingga akibat sakit asam urat tidak kambuh kembali.
Jika Anda atau anggota keluarga mengalami diare, ambil lima belas lembar daun salam segar direbus dengan dua gelas air putih mendidih selama 10 hingga 15 menit. Setelah dingin tambahkan sedikit garam kemudin diminum. 
Untuk mengatasi radang lambung, ambil 30 gram daun salam, 30 gram sambiloto kering, dan gula batu secukupnya direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum untuk dua kali sehari dan lakukanlah secara teratur. Air rebusan daun salam juga dapat mengatasi asam urat yang tinggi, 9 daun salam direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 600 cc, kemudian airnya diminum selagi hangat. Lalu untuk mengatasi stroke, 10 lembar daun salam dan 50 gram jantung pisang dibuat masakan sesuai selera lalu dimakan. Bagi penderita kolesterol tinggi, tujuh lembar daun salam dan 300 gram daun ceremai direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc. Kemudian airnya diminum secara teratur. Untuk melancarkan peredaran darah, 7 lembar daun salam dan 30 gram daun dewa segar direbus dengan 700 cc air hingga tersisa 350 cc. Lalu ramuan disaring dan diminum sebanyak dua kali sehari. 
Buah Salam yang sudah masak berwarna merah dapat mengobati mabuk akibat alkohol. Satu genggam buah salam masak ditumbuk sampai halus, peras dan saring. Airnya dapat diminum sekaligus. Tumbuhan ini dapat ditemukan dari dataran rendah sampai pegunungan dengan ketinggian 1.800 meter diatas permukaan laut. Selain daun yang dipakai sebagai bumbu masak, kulit pohonnya biasa dipakai sebagai pewarna jala atau anyaman bambu. Perbanyakan tumbuhan ini bisa dilakukan dengan biji, cangkok, atau stek. Mengatasi gatal-gatal, daun atau kulit batang atau akar dicuci bersih lalu digiling hingga halus. Tambahkan minyak kelapa secukupnya, balurkan pada bagian yang sakit. Sebagai obat kencing manis, 7 lembar daun salam dan 30 gram sambiloto direbus dengan 600 cc air sampai tersisa 200 cc, setelah dingin disaring lalu diminum untuk dua kali sehari.  

Related Posts

Manfaat Daun salam Dan Buahnya Untuk Kesehatan
4/ 5
Oleh

2 comments

17 Juli 2011 pukul 21.48 delete

GAk masalah sob..
klo untuk Hal itu mungkin semua blogger juga udah tahu..
Padahal apa sich untungnya bohong sama sesama blogger..
Harusnya tu kita saling dukung..
Apalagi kita kan satu profesi alias satu teman perjuangan..
hehe.....
Tenang aja sob..
klo ada yang bohong sama kita, percaya saja klo pasti ada yang bohongi mereka. Demikian juga sebaliknya..

Reply
avatar
17 Juli 2011 pukul 22.08 delete

Yoi sob. Trm ksh atas dukungannya serta motipasinya juga.

Reply
avatar