10/06/2010

7 Elemen Bushido

Apa kabar, Sobat Netter? Saya harap sobat senantiasa sehat selalu dan dalam kondisi terbaik Anda.
Kondisi saya saat ini tidak sebaik Anda saat ini karena saya sangat sedih, tidak bisa online dari rumah entah sampai kapan soalnya lagi di cek kompi saya itu dengan alasan kompi saya harus di opname sekalian modemnyah. Inilah yang membuat saya sedih dan mencari akal bagaimana caranya agar saya bisa menulis kembali seperti sediakala. Dan inilah saya online kembali dari tempat saya bekerja, sembari membuka email-email saya bersifat bulk atau junk. Perhatian saya tertuju pada salah satu newsletter dari Bapak Andrie Wongso ( Kalian kenal kan siapa beliau ? ah masak ndak..? ndak kenal atau tidak mau kenal ? hehehe becanda,ya jangan diambil hati Piz... Sob) Biarlah saya ingatkan kalian kembali, bahwa ia adalah salah satu Motivator kondang di Indonesia. kalau saya tidak salah ia ini memulai karirnya dengan membintangi figuran pilem layar lebar... hemm bener gak ya..! )
Pada newsletter beliau kali ini ada yang menarik perhatian saya yaitu berjudul 7 Elemen Bushido. Dengan tag line Bisakah spirit bushido diterapkan pada dunia bisnis ?
Bushido ialah gambaran karakter manusia, spiritnya bisa diterapkan pada siapa dan dalam profesi apa saja termasuk pada profesi - profesi lapangan seperti pemasar (marketer) dan penjual (sales). Tujuh elemen bushido yang menjadi dasar para Samurai dalam menjalankan tugasnya dapat diaplikasikan secara langsung untuk mengembangkan bisnis maupun karir Anda. Bushido dikenal sebagai tata cara ksatria, sebuah kode etik kepahlawanan golongan Samurai dalam feodalisme Jepang. Makna Bushido adalah sikap rela mati demi negara dan kaisar hingga para samurai mau mempertaruhkan nyawa demi semua itu. Jika ia gagal, ia akan melakukan harakiri( bunuh diri ). Sampai saat ini kita masih sering mendengar pejabat tinggi Jepang yang bunuh diri atau mengundurkan diri ketika tugas yang dibebankan kepadanya dirasa gagal. Spirit of Bushido itulah yang telah menjadi karakter bangsa Jepang. Itulah kenapa bangsa Jepang yang hancur akibat kekalahan di Perang Dunia II mampu bangkit dan menjadi raksasa ekonomi dunia. 7 Elemen Bushido tersebut antara lain :
1. GI = Ketulusan
2. YUKI = Keberanian
3. JIN = Kebajikan
4. REI = Kesantunan
5.MAKOTO = Kejujuran
6. MEIYO = Kehormatan
7.CHUGI = Kesetiaan.

Semoga yang sekelumit ini dapat bermanfaat bagi saya pribadi, dan bagi sobat-sobat netter pada umumnya.

Salam.

Related Posts

7 Elemen Bushido
4/ 5
Oleh